Weekly News

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI LAPAS NARKOTIKA CIPINANG OLEH UBHARA JAYA

Lembaga Pemasyarakatan khusus Narkotika ini juga memberikan terapi dan memberikan kegiatan pendidikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Paket A, B dan C yang mendapat kesetaraan dari Mendiknas, juga keterampilan khusus computer dan Bahasa Inggris, serta Balai Latihan Keterampilan seperti Landry, Bakery, Katering, Furniture, Handycraft dari barang bekas daur ulang, Peternakan Ikan, dan Barbershop serta refleksi. Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Jakarta tercatat saat ini menampung 3.824 orang dimana telah melebihi kapasitas normalnya 880 orang.  Lapas Narkotika kelas  IIA Cipinang berlokasi di jalan Bekasi Timur Raya No. 170, RT 08/RW 014 Jakarta Timur dengan luas kurang lebih 7 hektar.

Tujuan dari pelaksaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk seminar motivasi ini agar para binaan paham tentang bahaya narkotika dan tidak lagi menggunakan barang haram tersebut dalam tindak penyalahgunaan baik sebagai pengguna maupun dan atau pengedar pada binaan di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Paket A, B dan C LAPAS Narkotika Cipinang Jakarta.

Seminar motivasi perlu dilakukan  pada binaan di PKBM Paket A, B, dan C  LAPAS Narkotika Cipinang Jakarta untuk membina mental dan spiritual terkait dengan masa depan mereka saat lepas dari LAPAS Narkotika agar tidak berputus asa, percaya diri  untuk meraih hidup yang lebih baik.

Kegiatan survey awal sebagai perkenalan ke LAPAS Narkotika Cipinang dilaksanakan pada :

Tanggal    :11 November 2017
Pukul:09.00 – 11.00 WIB
Lokasi:LAPAS Narkotika Kelas IIA Cipinang Jakarta

Dilakukan oleh ketua Tim Pengabdian Masyarakat dengan menemui para pejabat terkait di LAPAS, dan mengunjungi Kayna (Karya Anak Lapas) Bakery, pembuatan kerajinan tangan dari bahan bekas daur ulang, konveksi, pelatihan mebel/furniture, serta pelatihan laundry.

Seminar ini dilakukan selama dua hari, yaitu pada hari Kamis tanggal 14 dan 21 Desember 2017 di lantai 2 gedung PKBM Paket A, B dan C LAPAS Narkotika Cipinang Jakarta. Pemaparan materi dilakukan oleh ketua Tim, dibantu 1 orang mahasiswi sebagai MC pemandu acara (Vega), 1 orang mahasiswa sebagai petugas dokumentasi (Ilham Ato), serta dua orang mahasiswa Cyntia dan Tama membantu reservasi, serta pembagian materi. Materi diberikan dalam bentuk kit seminar, alat tulis dan snack dan minum kepada 52 orang yang hadir, ditambah 5 orang tim pengabdian masyarakat, 4 orang staf LAPAS berikut 1 orang Kepala LAPAS.  Penyediaan alat alat soundsystem, infokus dibantu oleh 2 orang teknisi dan office boy LAPAS.

Acara seminar pada tanggal 14 Desember 2017, diawali dengan doa bersama dan dibuka oleh pejabat LAPAS, sambutan dari bp M. Fikri Haidar,MM selalu penanggungjawab PKBM LAPAS dilanjutkan sesi pemaparan motivasi tentang tujuan dan kebutuhan hidup, contoh mereka yang memiliki motivasi tinggi meski cacat dan berkekurangan dengan jalan halal, serta bagaimana cara mengubah mindset untuk berkarya dan berinovasi. Acara ditutup dengan doa, ramah tamah dan foto bersama.

Seminar dilanjutkan pada tanggal 21 Desember 2017 yang diawali dengan sambutan dan doa bersama, dilanjutkan pada sesi testimoni oleh binaan Para binaan diberikan nasi box serta minum. Acara diisi dengan testimoni dari 3 orang binaan secara acak yang mengajukan berpartisipasi dalam kelas seta 1 orang Ketua Kelas PKBM. Ketiga binaan yang berpartisipasi tersebut diberikan 4 buah buku, yaitu ; (1) Cerdas dan Sukses Seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs; (2) Rencanakanlah Masa Depanmu atau Kau Menjadi Rencana Orang Lain; (3) Simple, Leadership DNA, serta (4) True Story, Miyako, Aku Gadis 17 Tahun Terlahir prematur 500 gram dan buta.

Selanjutnya disebarkan kuesioner penilaian oleh tim monitoring independen dari kampus UBJ, ditutup dengan tukar menukar cindera mata yang diberikan oleh wakil binaan LAPAS, dengan Plakat yang diberikan oleh tim Pengabdian Masyarakat UBJ. Sebelum acara pengabdian masyarakat ditutup, para binaan diberikan sertifikat bukti telah mengikuti acara Seminar Motivasi. Acara ditutup dengan doa, ramah tamah dan foto bersama.

SUMBER : LINK

Share this article

Related posts